Psikologi Pemain India di Seri T20i

Psikologi Pemain India di Seri T20i

Sementara waktu berlalu terlalu cepat dengan mendekatnya T20I hanya dalam beberapa hari membuat tim India bermimpi memenangkan hadiah uang. Dan saya pikir ini saat yang tepat untuk menulis tentang psikologi kriket, pemain kriket, dan pentingnya mempersiapkan mental untuk menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan.

Dari sudut pandang psikologis setiap olahraga menuntut karena menuntut banyak kekuatan mental. Dari sumbernya seorang atlet wajib memiliki minimal 10-20% kemampuan mental yang menjadi syarat seorang atlet untuk bermain.

Karena setiap olahraga menantang secara mental, yang membuat seorang pemain unggul adalah ketika ia menjaga keseimbangan kondisi fisik dan mentalnya.

Cricket adalah permainan yang menuntut dan membutuhkan banyak ketangguhan mental untuk tepatnya. Butuh perjalanan kesehatan mental yang panjang dan cukup masuk akal untuk mengatakan bahwa tidak ada olahraga lain seperti kriket.

Izinkan saya menjelaskannya kepada Anda dengan membongkar psikologi kriket.

Setiap permainan kriket bervariasi dengan bentuknya – katakanlah, ODI, seri tess, piala dunia dari 1 hari hingga 5 hari. Karena permainannya bervariasi, begitu pula intensitasnya sehingga membutuhkan tingkat ketangguhan mental yang tinggi. Ketangguhan mental pemain kriket juga akan berpengaruh pada mimpi para pemain kriket yang kacau. Itu membutuhkan ketangguhan mental dan emosional, terutama mental. Pemain akan mengalami emosi positif dan negatif. Kekuatan mental inilah yang membedakan setiap pemain satu dengan lainnya. Setiap tim memiliki satu pemain terbaik yang termotivasi, energik, percaya diri, dan fokus karena para pemain tersebut telah memenangkan pertarungan ketangguhan mental mereka dan berada di level puncak mereka.

Menurut penelitian tertentu telah dibuktikan bahwa selain kriket setiap olahraga membutuhkan kandidat yang sehat secara fisik sedangkan di kriket lebih dari kebugaran fisik mereka membutuhkan tingkat daya tahan yang tinggi dan individu yang bugar secara psikologis. Dengan tingkat persepsi psikologis batsman bahkan dapat memprediksi bola sebelum mereka menerimanya dan mereka bahkan dapat memprediksi di mana bola akan menyerang terlebih dahulu atau akan salah.

Ketika salah satu pemain dalam tim yang disebut kapten diminta untuk mencapai level tertentu yang disebut satu abad. Dia mengalami tingkat stres tertentu dalam dirinya. Karena permainan itu sendiri adalah permainan yang kompleks, ia menguji pikiran setiap pemain dan bagaimana dia menghadapi ujian ini membuatnya unggul dan pro di bidangnya.

Seperti yang kita semua tahu bahwa psikologi memainkan peran yang mendominasi dalam kriket dan oleh karena itu banyak pelatih akhir-akhir ini menggunakan sesi konseling dan latihan psikologis ini untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan diri mereka dan bekerja dengan baik sehingga memungkinkan mereka untuk bekerja secara terkoordinasi dalam kondisi stres seperti itu.

Untuk kesuksesan karir olahraga khususnya kriket seseorang perlu fokus pada kualitas 4C yang meliputi;

KeyakinanKonsentrasiKontrolKomitmen

Keyakinan adalah salah satu hal yang menentukan setengah dari kesuksesan Anda. Jika Anda memiliki kepercayaan diri maka kemenangan pasti akan menjadi milik Anda. Dan jika tidak, Anda akan merasa seperti akan kehilangannya dan Anda juga tidak akan pernah mencapainya dalam kenyataan.

Keyakinan adalah sesuatu yang harus selalu Anda pakai, baik itu pertandingan kriket atau kehidupan sehari-hari Anda. Ini berbanding lurus dengan kepercayaan diri yang Anda miliki pada diri sendiri.

Hari-hari ini karena faktor-faktor tertentu yang dapat dikontrol seperti kesamaan antara pemain kriket dan terbukti karena ini beberapa pemain kriket gagal dalam perjalanan mereka dan hanya untuk mengatur dan meningkatkan kepercayaan diri pemain memainkan peran penting di sini. Kemanjuran diri adalah kata yang ingin saya gambarkan di mana seseorang percaya pada sifat dan kapasitasnya sendiri untuk melaksanakan tugas tertentu baik itu tujuan harian atau tangga kesuksesan yang didorong dengan kuat. Efikasi diri secara pasif membantu mengembangkan minat yang lebih dalam pada aktivitas tertentu yang Anda praktikkan dengan membuat pikiran Anda secara aktif membentuk rasa komitmen yang kuat terhadap tujuan Anda.

Konsentrasi adalah faktor kunci lain yang diperlukan bagi para pemain yang telah menetapkan tujuan dalam pikiran mereka. Menjadi jelas pada saat ini tentang apa yang perlu dilakukan dapat dicapai dengan konsentrasi. Meskipun ada banyak keadaan yang menghalangi kemampuan pemain untuk berpikir, orang yang berkonsentrasi tidak akan menghadapi kesulitan seperti itu. Satu kata untuk menggambarkan konsentrasi adalah tetap pada saat ini. Semakin lama Anda hadir di dunia saat ini, konsentrasi Anda akan semakin besar. Meskipun kedengarannya mudah, ini bukan untuk mengikutinya. Terkadang pikiran tertentu dapat bertahan atau ada kemungkinan pikiran kita melakukan perjalanan kembali ke masa lalu atau memikirkan masa depan. Mari kita ambil contoh di sini – jika Anda sedang memukul dan menunggu bola, dan sementara itu pikiran Anda menggali ingatan masa lalu bahkan di tengah pertandingan. Tapi seperti yang disebutkan sebelumnya, tetap berada di saat ini adalah satu-satunya cara untuk melatih konsentrasi. Tingkat konsentrasi Anda harus berada di puncak sejak pemain bowling memulai larinya untuk bowling, batsman harus mulai berkonsentrasi hingga titik di mana dia memukul bola.

Untuk pemain bowling, konsentrasi harus dimulai saat Anda mulai bermain bowling hingga berhenti.

Dan untuk seorang fielder konsentrasi harus aktif sampai bola mati.

Padahal wajar saja jika tingkat konsentrasi di awal pertandingan apapun tidak tetap sama hingga usai. Ini mengikuti serangkaian emosi paralel yang berfluktuasi konsentrasi sehingga kehilangannya. Yang paling umum adalah pada pertengahan permainan di mana faktor kelelahan masuk. Seperti disebutkan bahwa kebugaran dan fisik mental pemain memainkan peran utama dalam meningkatkan konsentrasi dari waktu ke waktu. Olahraga yang berbeda membutuhkan jenis tingkat konsentrasi yang berbeda tetapi yang tetap sama adalah aktif di masa sekarang.

Kontrol adalah istilah relatif dalam kriket tetapi jika digunakan secara efektif dapat bermanfaat. Selama pertandingan tertentu terlihat bahwa sebagian besar pemain kriket kehilangan kendali dan mengacaukan permainan, tetapi jika seseorang memiliki kendali yang baik atas pikirannya selama situasi seperti itu, dia bisa berada di ketinggian yang lebih tinggi. Cukup masuk akal bahwa tingkat stres yang berfluktuasi tidak selalu mudah untuk diatasi, tetapi praktik pengendalian secara teratur dengan menempatkan diri dalam kondisi atau situasi tekanan yang berbeda mungkin efektif untuk mempelajari dan menyesuaikan tingkat kendali Anda. Meskipun tingkat pengendalian akan bervariasi dari orang ke orang tetapi panas batin dapat didinginkan dengan terlebih dahulu melakukan rekongonisasi dan kemudian berlatih untuk mengendalikannya. Aturan sederhana di sini adalah memanfaatkan emosi seseorang secara efektif dan dapat memenangkan pertempuran.

Komitmen itulah yang kami sebut sebagai bahan terakhir untuk permainan mental seorang olahragawan. Setiap tujuan kecil atau besar hanya dapat dicapai jika komitmen yang Anda buat pada diri sendiri kuat. Dibutuhkan ketangguhan mental yang kuat untuk tetap berpegang pada rencana mencapai tujuan seseorang. Setiap atlet memiliki komitmennya sendiri dan beberapa bahkan secara alami bagus dalam hal itu. Tetapi yang membuat mereka unik adalah bahwa mereka menyatukan komitmen dan kontrol serta menetapkan tujuan mereka di atas. Dengan ini mereka menjadi lebih berkomitmen dan karenanya membuat mereka mudah untuk mencapai tujuan mereka.

Oleh karena itu setiap pemain perlu fokus pada 4C yang disebutkan di atas untuk mengatasi dan memenangkan setiap pertempuran.

Author: Albert Wright